Hadi Sugito
Pusat Pengembangan Bisnis & Manajemen (P2BM) RIAU

TOR KOPERASI & UKM TOR KOPERASI & UKM
KERANGKA ACUAN PENELITIAN
TERM OF REFERENCE (TOR)

Penelitian Mengenai Pengembangan & Pembangunan Ekonomi Masyarakat
melalui program Pemberdayaan Koperasi, Usaha Kecil & Menengah
Bagi Kesejahteraan Masyarakat ekonomi Lemah

PENELITIAN KOPERASI & UKM (KUMKM)
DI KABUPATEN ROKAN HULU – PROPINSI RIAU


LEMBAGA PENELITIAN USAHA KECIL & MENENGAH
(LPUKM) RIAU 2007

PROGRAM :
PENELITIAN MENGENAI PENGEMBANGAN & PEMBANGUNAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PEMBERDAYAAN KOPERASI, USAHA KECIL & MENENGAH BAGI KESEJAHTERAAN MASYARAKAT EKONOMI LEMAH DI KAB. ROKAN HULU

NAMA KEGIATAN :
PENGEMBANGAN & PEMBANGUNAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PEMBERDAYAAN KOPERASI, USAHA KECIL & MENENGAH BAGI KESEJAHTERAAN MASYARAKAT EKONOMI LEMAH DI KAB. ROKAN HULU

I. PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Memasuki masa reformasi yang antara lain ditandai dengan perkembangan ekonomi yang mengarah pada persaingan global yang semakin tajam, kesiapan koperasi untuk menghadapi persaingan dan merespons pasar yang berkembang tanpa batas dihadapkan pada dua masalah. Pertama, kelambatan koperasi untuk melakukan amalgamasi (merger), sehingga banyak fungsi-fungsi koperasi skala kecil yang sejenis menjadi tidak efisien. Koperasi-koperasi tersebut justru saling bersaing berebut pangsa pasar yang sangat terbatas, seperti usaha simpan pinjam, penyediaan barang-barang konsumsi, jasa pengangkutan, telekomunikasi, dan lain-lain.

Seandainya koperasi-koperasi kecil yang sejenis tersebut dapat menjalin kerja sama untuk mengintegrasikan usaha bersama, bahkan diteruskan dengan upaya penggabungan koperasi (amalgamasi), maka akan diperoleh keunggulan kompetitif yang tinggi. Keunggulan kompetitif ini dapat berasal dari penghematan biaya pemasaran, penyebaran informasi dan teknologi, pengurangan biaya transaksi, pengurangan risiko ketidakpastian, dan manfaat nonekonomi berupa peningkatan pengetahuan dan keterampilan.

Masalah kedua, menyangkut kekurangmampuan koperasi untuk memanfaatkan nilai-nilai koperasi dalam meraih keunggulan kompetitif.

Nilai paling utama yang mudah untuk diucapkan namun sering diabaikan adalah kejujuran. Dalam hal ini kejujuran mutlak diperlukan sebagai pengontrol untuk memelihara tanggung jawab masing-masing anggota koperasi dalam melakukan tindakan bersama untuk mencapai tujuan. Tanpa kejujuran, tindakan bersama akan tereduksi dengan berbagai kecurangan dan penyimpangan. Hal ini tentu akan mengakibatkan rasa saling curiga di antara sesama anggota, mengurangi rasa saling percaya di antara sesama anggota, sehingga akhirnya akan mengganggu semangat kebersamaan yang telah terbina sebelumnya.

Nilai kedua yang tidak kalah penting adalah menolong diri sendiri (self-help). Koperasi didirikan oleh anggota dengan tujuan khusus untuk memenuhi kepentingan anggota. Dengan kata lain, para anggota sendirilah yang akan mengusahakan terpenuhinya tujuan tersebut, bukan pihak lain.

NILAI-NILAI koperasi dapat dibedakan antara nilai-nilai etis dengan nilai-nilai fundamental. Nilai etis koperasi bertitik-tolak pada nilai-nilai yang diperkenalkan oleh para perintis koperasi, yaitu kejujuran dan keterbukaan. Sedangkan nilai-nilai fundamental koperasi lebih bersifat universal, artinya berawal dari semangat untuk memperbaiki nasib penghidupan sendiri berdasarkan prinsip tolong-menolong. Nilai-nilai fundamental ini antara lain menolong diri sendiri (self-help), tanggung jawab sendiri (self-responsibility), demokrasi (democracy), persamaan (equality), keadilan (equity), dan solidaritas (solidarity).

1.2. Permasalahan
Permasalahan ilmiah yang harus diperhatikan dalam desain dan pelaksanaan program ini antara lain:

Bagaimana memperoleh data dan informasi masa lalu guna mengkaji kondisi dan perkembangan koperasi & Usaha Kecil dan menengah disetiap Kecamatan di Daerah Kab. Rokan Hulu
Bagaimana membuat model pengembangan untuk memprediksi kondisi pengembangan koperasi & Usaha Kecil dan menengah di masa depan berdasarkan analisis kecenderungan kondisi pada saat ini.
Bagaimana merangkum semua data dan informasi serta hasil-hasil analisis kecenderungan dan model prediksi dalam sistem pengelolaan data dan informasi elektronik yang menarik, informatif dan bermanfaat bagi pengguna
Bagaimana menganalisis data dan informasi dalam bentuk peta-peta tematik koperasi & Usaha Kecil dan menengah guna menunjang dan mempermudah penyusunan konsep kebijakan dan strategi pengelolaan sumberdaya koperasi & Usaha Kecil dan menengah.
Selanjutnya bagaimana menyusun konsep kebijakan dan strategi pengelolaan sumberdaya ekonomi untuk mengembangkan hasil-hasil program ekonomi kerakyatan.
1.3. Tujuan, Sasaran dan Manfaat
1.3.1.Tujuan
Kegiatan ini bertujuan untuk:

a. Teridentifikasi perubahan data dengan Menghimpun dan melakukan Rekapitulasi secara riil dan uptodate kondisi Sumber daya ekonomi masyarakat melalui pengembangan dan pemberdayan koperasi & Usaha Kecil dan menengah lahan di Kabupaten Rokan Hulu – Propinsi Riau dalam bentuk tabulasi yang diuraikan berdasarkan:
1. Jenis Sumber Daya
2. Lokasi
3. Distribusi
4. Luas / cakupan
5. Potensi dan Model

b. Menyajikan analisis Potensi Sumber Daya ekonomi masyarakat dengan melakukan deskripsi dan identifikasi potensi KUMKM dan memperhatikan kecenderungan sumber daya ekonomi yang dikelola oleh KUMKM yang paling banyak mengalami perubahan dalam rentang 2 (dua) tahun terakhir di setiap Kecamatan yang diteliti.

c. Terpetakannya penyajikan Data yang uptodate diperoleh kemudian akan dilakukan pendeskripsian dalam bentuk perencanaan, analisis potensi dan formulasi model pengembangan serta strategi pengembangan potensi pemberdayaan KUMKM bagi pengembangan ekonomi masyarakat. Hasil penelitian berupa Model Pengembangan Potensi sumber ekonomi yang dikelola oleh KUMKM di setiap Kecamatan yang kemudian akan mempunyai Value Added bagi Dinas dan Isntansi sebagai penuntun kebijakan Pemerintah Daerah dalam hal ini dinas/instansi terkait sebagai bahan analisa dan masukan kritis dari pihak ketiga untuk menyempurnakan kebijakan dan meningkatkan pelaksana pembangunan ekonomi koperasi & Usaha Kecil dan menengah daerah secara lebih terarah.

d. Tersusunnya kebijakan dan strategi pengelolaan sumberdaya ekonomi koperasi & Usaha Kecil dan menengah lokasi berlandaskan data dan informasi ilmiah hasil penelitian yang dilanjutkan dengan analisis sebab akibat (causal chain analysis), sehingga tersusun Rancang Tindak Strategis (Strategic Action Plan). Dengan demikian inventarisasi data yang diperoleh sebagai sumber informasi yang esensial dan dapat dimanfaatkan oleh daerah dan pihak lain yang berkompeten.

1.3.2. Sasaran
Sasaran yang diharapkan yakni:
a. Tercapainya hasil guna yang tinggi dalam pemetaan pengembangan dan pemberdayaan terhadap Sumber Daya ekonomi koperasi & Usaha Kecil dan menengah
b. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi inventarisasi dan evaluasi pemberdayaan dan pengembangan sumber daya ekonomi koperasi & Usaha Kecil dan menengah
c. Menyediakan data dan informasi yang diperlukan untuk pembangunan yang serasi dengan potensi sumber daya dan energi yang dimiliki setiap wilayah kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu.
1.3.3. Manfaat

Manfaat dari hasil kajian ini adalah:

a. Sebagai kerangka referensi dalam penyusunan peta sumber daya ekonomi koperasi & Usaha Kecil dan menengah agar dapat memenuhi berbagai kebutuhan pembangunan daerah dengan setepat-tepatnya maka diperlukan data yang mutakhir yang telah mencakup informasi pengembagan dan pemberdayaan KUMKM.
b. Bagi pihak Pemerintah dan para Stakholder untuk memperoleh informasi mengenai jumlah, mutu, nilai, dan lokasi pengembagan dan pemberdayaan ekonomi koperasi & Usaha Kecil dan menengah. Dengan informasi itu akan dapat disusun pola pengembagan dan pemberdayaan ekonomi koperasi & Usaha Kecil dan menengah yang tepat.

II. RUANG LINGKUP PEKERJAAN

2.1. Daerah Penelitian
Ruang lingkup kajian inventarisir ini akan dilakukan di Seluruh Kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Rokan Hulu, diantaranya yakni:
1. Kecamatan Kunto Darussalam
2. Kecamatan Tambusai
3. Kecamatan Kepenuhan
4. Kecamatan Koto Tangah
5. Kecamatan Rambah Samo
6. Kecamatan Tandun
7. Kecamatan Muara Rumbai

2.2. Organisasi Pelaksana Penelitian

Struktur dan Anggota Tim Program Sebagai Berikut:

Hadi Sugito,S.Sos,MM Ketua Tim (Team Leader)/Tenaga Ahli
Drs.Suarman Muslim,M.Pd Tenaga Ahli
Meyzi Heriyanto,S.Sos,M.Si Tenaga Ahli
Ir.Denur,MM Tenaga Ahli
Syamsudin Miswar,S.Sos,MM Tenaga Ahli
Erpan Utama,SE Koordinator Peneliti Lapangan
Kurniawan,S.S Anggota
Desi Susanti,SP,MM Anggota
Mara’aini,S.Sos,MM Anggota
Firma Yandri,SE Anggota
Sufandi,S.Sos Anggota
Umaro Alfi,SE Anggota

2.3. Estimasi Anggaran Yang diperlukan

Dalam Pelaksananaan Kegiatan Penelitian Mengenai Pengembangan & Pembangunan Ekonomi Masyarakat melalui program Pemberdayaan Koperasi, Usaha Kecil & Menengah Bagi Kesejahteraan Masyarakat ekonomi Lemah di Kabupaten Rokan Hulu diperlukan dana sebesar Rp. 375.000.000,- (Tiga Ratus Tujuh Puluh Lima Juta Rupiah).

III. HASIL KAJIAN

Kajian ini akan mendapatkan hasil:

a. Dokumen Asli (Primary Document) dari hasil Inventarisir Pengembangan & Pembangunan Ekonomi Masyarakat melalui program Pemberdayaan Koperasi, Usaha Kecil & Menengah Bagi Kesejahteraan Masyarakat ekonomi Lemah berupa Hard Copy Digital (electronic file).
b. SOFTWARE CD Flexibel Pola Pengembangan Koperasi dan UKM.

IV. RENCANA WAKTU PELAKSANAAN

Pelaksanaan kegiatan kajian ini diperkirakan akan berlangsung maksimal selama 3 (Tiga) bulan mulai dari Tahap:

Persiapan
Pelaksanaan
Pengolahan Data
Penulisan Draft Laporan
Seminar Awal
Seminar Hasil

V. PENUTUP

Kajian ini diharapkan menjadi Documen penting dan otentik, untuk menjawab tuntutan kebutuhan pemerintah Daerah di Kabupaten Rokan Hulu-Pasir Pangaraian. Serta dapat mengintegrasikan kepentingan Daerah dalam memperjuangkan Pengembangan Sumber daya Ekonomi Koperasi, Usaha Kecil & Menengah demi kesinambungan pembangunan sekarang dan masa yang akan datang.

Office: Jl.Riau Komplek Teladan no.19-Pekanbaru
Phone: 0761-35148, 0813 78334428
e-mail: lpukm-riau[at]yahoo[dot]com
web-site: hadisugito.fadla.or.id